02/12/08

WELCOME BAKKA LOLONA LASINRANG


Sebuah pengantar : Kebersamaan Sebuah Petanda
Sabtu malam di sekretariat KMP UNM, Jl.Traktor IV No.40B, pengurus KMP UNM periode 2008-2009 mempertanggungjawabkan kinerjanya selama 6 bulan dalam sidang pleno. Seperti biasanya kebanyakan peserta pleno baik pengurus maupun warga melontarkan saran, kritik dan mungkin sedikit cacian. Tapi malam itu sidang pleno berlangsung adem-adem saja. Malahan ide cerdas banyak lahir dari moment itu.
Berawal dari ide wakil presiden KMP UNM, Arham ingin mendirikan sekolah sastra ala KMP UNM saat pleno. Menurutku ide itu sangat brilian, seseuatu yang sangat lain (bila betul terbetuk nantinya) dari KMP UNM periode ke periode. Nah, pas lagi panas-panasnya ide-ide muncul dalam pleno, mengapa tak merealisasikan salah satu dari banyak ide tersebut?. Aku pun berpikir ide sekolah sastra itu keren. Tapi kalau sebatas ngumpul lalu diskusi tentang sastra pasti terasa hambar. Jadi mengapa tak nulis aja langsung mempublikasikan karya tersebut?. Meski rata-rata Saudara-saudara di KMP UNM masih memiliki pengetahuan sastra sedikit (kecuali Arham) tapi saya yakin semua bisa nulis.
Ada juga yang sedikit menyedihkan dari keadaan KMP UNM kini (menurut Kanda Suherman), bahwa KMP UNM tengah mengalami degradasi kebersamaan. Indikatornya jarang lagi anak-anak ngumpul dan diskusi bareng atau acara-acara makan itik. Saya pun berpikir harus ada sebuah wadah kreatifitas agar anak-anak KMP UNM bisa ngumpul dan diskusi bareng. Jadi mengapa tak membuat sebuah media komunikasi saja?.
Gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meniggalkan nama, periode kepengurusan berganti meninggalkan APA?. Silih berganti periode kepengurusan KMP UNM berganti tapi hanya sedikit yang meniggalkan sebuah penanda. Jadi saya berpikir periode kepengurusan Ridha Khalik CS nanti berganti meniggalkan penanda apa?. Mau meninggalkan penanda barang, seperti sekretariat baru tapi apalah daya KMP UNM tak punya banyak uang untuk itu. Jadi apa penandanya?.
Lima menit berpikir, mungkin sebuah media, tapi KMP UNM tidak sama dengan LPPM Profesi, Estetika, Aspirasi atau Teknisi yang memiliki banyak amunisi kader dan uang untuk menerbitkan medianya. Sepuluh menit berpikir................???. Aha.............!!!!. Mengapa tak menerbitkan media melalui blog saja?.
Dengan masa inkubasi 15 menit akihirnya http://www.kmpunm.blogspot ini lahir. Saya berharap blog ini bisa mereaktualisasikan kebersamaan KMP UNM lagi dan sebagai sebuah petanda. Selamat membaca.
Mungkin untuk sementara Blog ini hanya berisi cerpen dan puisi, hitung-hitung sebagai langkah awal. Saya berharap dikemudian hari akan banyak tulisan dari saudara-saudara di KMP UNM yang masuk.(abba)

Tidak ada komentar: